Sesuai dengan Tahapan, Program Dan Jadual Penyelenggaraan Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tahun 2014, KPU Kabupaten Malang telah melaksanakan Kegiatan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Legislatif Tahun 2014 pada tanggal 31 Oktober sampai dengan 21 Nopember 2012 di Kecamatan-Kecamatan seputar wilayah Kabupaten Malang.

Dari 34 partai yang mendaftar sebagai Peserta Pemilu Legislatif 2014 di KPU Pusat, hanya 22 partai yang mendaftar sebagai Calon Peserta Pemilu Legislatif di Kabupaten Malang. Dan setelah melalui proses Verifikasi Administrasi, hanya 16 partai yang memenuhi syarat untuk diverifikasi secara faktual kepengurusan dan keanggotaannya. Setelah melalui proses Verifikasi Faktual Kepengurusan, hanya 15 partai yang memenuhi syarat untuk diverifikasi secara faktual keanggotaannya. Berikut adalah Daftar Nama Partai yang memenuhi syarat Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan.

Partai Politik di Kabupaten Malang

NO.

NAMA PARTAI POLITIK

Vertual Pengurus dan Anggota

01Partai Hati Nurani Rakyat
02Partai Peduli Rakyat Nasional
03Partai Gerakan Indonesia Raya
04Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia
05Partai Keadilan Sejahtera
06Partai Amanat Nasional
07Partai Kebangkitan Bangsa
08Partai Golongan Karya
09Partai Persatuan Pembangunan
10Partai Bulan Bintang
11Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan
12Partai Demokrat
13Partai Nasional Demokrat
14Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru
15Partai Persatuan Nasional

Vertual Pengurus saja

16Partai Demokrasi Pembaharuan

Kegiatan Verifikasi Faktual ini dilaksanakan dengan cara membagi seluruh anggota KPU Kabupaten Malang beserta Sekretariat KPU Kabupaten Malang menjadi 5 Tim dengan masing-masing Anggota KPU sebagai Ketua Tim. Pada tanggal 31 Oktober 2012, KPU Kabupaten Malang melaksanakan Verifikasi Faktual Kepengurusan Partai dengan mendatangi kantor dari 16 Partai yang telah memenuhi syarat. Berikut adalah pembagian tugas Verifikasi Faktual Kepengurusan Partai.

NO.

TIM A

TIM B

TIM C

TIM D

TIM E

KETUA TIM -->

ABDUL HOLIK, S.H.

TOTOK HARIYONO, S.H.

Drs. SUGENG PRIYANTO

Ir. UMAR KHAYYAN

SOFI RAHMA DEWI, S.H.

01Partai Golongan Karya (GOLKAR)Partai Nasional Demokrat (NASDEM)Partai DEMOKRATPartai Hati Nurani Rakyat (HANURA)Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
02Partai Persatuan Pembangunan (PPP)Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB)Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN)Partai Keadilan Sejahtera (PKS)Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA)
03Partai Persatuan Nasional (PPN)Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)Partai Amanat Nasional (PAN)Partai Bulan Bintang (PBB)Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
04Partai Demokrasi Pembaruan (PDP)

Kegiatan ini berlanjut dengan melaksanakan Verifikasi Faktual Keanggotaan Partai pada tanggal 1 s/d 21 Nopember 2012 di seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Malang sesuai dengan persebaran anggota partai. Pada tahapan ini, KPU Kabupaten Malang hanya melakukan Verifikasi Faktual Keanggotaan pada 15 partai, sedangkan Partai Demokrasi Pembaharuan tidak memenuhi syarat karena tidak mengirimkan Kartu Tanda Anggota Partai pada KPU Kabupaten Malang. Berikut adalah pembagian tugas Verifikasi Faktual Keanggotaan Partai.

NO.

TIM A

TIM B

TIM C

TIM D

TIM E

KETUA TIM -->

ABDUL HOLIK, S.H.

TOTOK HARIYONO, S.H.

Drs. SUGENG PRIYANTO

Ir. UMAR KHAYYAN

SOFI RAHMA DEWI, S.H.

01LawangDonomulyoTurenKasembonWonosari
02SingosariPagakDampitNgantangNgajum
03PakisBanturAmpelgadingPujonKromengan
04JabungGedanganTirtoyudoDauSumberpucung
05TumpangSumbermanjing WetanGondanglegiKarangplosoKepanjen
06PoncokusumoKaliparePagelaranWagirTajinan
06WajakPakisajiBululawang

Pada pelaksanaannya, Kegiatan Verifikasi Faktual Keanggotaan Partai di wilayah kabupaten Malang berjalan cukup lancar tanpa menemui kendala yang berarti.