Tumpang – kpud-malangkab.co.id – Dalam rangka menyebarluaskan informasi penyelenggaraan Pilgub Jatim 2018 dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam pemilihan serta meningkatkan partisipasi pemilih, maka PPS Desa pulungdowo Kecamatan Tumpang terus berusaha memanfaatkan momen yang bisa digunakan untuk menggelar acara sosialisasi.

Dengan semangat kolektif kolegial, pada Sabtu malam (5/5) PPS Desa Pulungdowo berbagi tugas untuk melakukan agenda sosialisasi di dua tempat berbeda pada waktu yang bersamaan. Hal ini dilakukan karena pada malam itu ada dua kegiatan forum warga yang sangat efektif untuk dibarengi dengan agenda sosialisasi Pilgub Jatim 2018.

Kegiatan sosialisasi pemilih yang berbasis masyarakat umum dan keagamaan ini terselenggara atas kerjasama PPS Desa Pulungdowo dengan Pondok Pesantren Al-Hidayah yang bertempat di RT 002 RW 09 Dusun Baran Glagahdowo pada acara pengajian umum Imtihan Akhirus Sanah. Dihadapan sekitar 120 jamaah, Ghufron As’ari Sekretaris PPS Pulungdowo memaparkan tentang tahapan pelaksanaan Pilgub Jatim 2018. Beliau mengajak para jamaah yang sudah mempunyai hak pilih untuk berduyun-duyun datang ke TPS masing-masing guna menyalurkan hak pilihnya pada 27 Juni 2018 nanti. Beliau juga berpesan jangan sampai ada masyarakat yang golput dan terpengaruh dengan politik uang. Masyarakat punya kedaulatan penuh untuk menyalurkan hak pilihnya tanpa ada tekanan dan pengaruh dari pihak manapun.

Sementara itu, di RW 005 dusun Glagahdowo juga digelar acara sosialisasi pemilih yang berbasis komunitas Jamaah Sholawat Banjari grup Janur Aji. Kegiatan ini dihadiri sekitar 32 orang yang didominasi generasi muda. Ako Hadi Supriadi anggota PPS Pulungdowo yang juga operator ini menyampaikan tentang pelaksanaan Pilgub Jatim 2018 dan mengenalkan pasangan calon yang akan bertanding untuk memperebutkan kursi gubernur Jawa Timur ini. Cak Pri, demikian panggilan akrabnya, juga mengharapkan agar para generasi muda ikut mendukung dan berpartisipasi aktif dalam mensukseskan Pilgub Jatim 2018 khususnya di desa Pulungdowo.

“Kami memang mengupayakan semaksimal mungkin untuk melakukan sosialisasi dengan metode penyampaian materi melalui forum warga, karena sangat efektif dan lebih mengena. Kita dapat bertemu dan berdialog langsung serta berdiskusi tentang berbagai hal berkenaan dengan pelaksanaan Pilgub Jatim 2018. Hal ini terbukti dengan antusiasme masyarakat dalam mengikuti acara sosialisasi yang kami gelar, sehingga serapan materi sosialisasi yang kami sampaikan lebih efektif. Diwaktu mendatang kita juga akan merencanakan kegiatan sosialisasi dengan skala yang lebih besar”, pungkas M. Siswanto Ketua PPS Desa Pulungdowo yang juga akrab disapa Pak Modin.

(din_ppktmp)