Dengan berdasar atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum No. 14 Tahun 2012 dan Surat Edaran KPU No. 759/KPU/XII/2012, maka KPU Kabupaten Malang melaksanakan Kegiatan Rapat Pleno Terbuka Penyusunan Berita Acara Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Legislatif Tahun 2014 di wilayah Kabupaten Malang.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 18 Desember 2012 di Hotel Trio Indah 2 yang terletak di Kota Malang dengan mengundang 16 Partai Politik di Kabupaten Malang dan Panwas Kabupaten Malang serta 2 orang dari SKPD Pemkab Malang.

Dalam pelaksanaan Rapat Pleno tersebut, Panwas Kabupaten Malang mengajukan keberatan terhadap keputusan KPU Kabupaten Malang yang meloloskan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) karena Ketua PPP dianggap tidak ada oleh Panwas. Panwas juga berkeberatan terhadap lolosnya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) karena Keterwakilan Perempuan pada PDI-P dianggap belum memenuhi syarat sebesar 30% dari jumlah pengurus Partai.

Keberatan dari Panwas Kabupaten Malang tersebut terselesaikan dengan diterbitkannya Surat Keputusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP tentang Penunjukan Pelaksanaan Tugas Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Malang yang menunjuk H. Rojikan, S.H. menjadi Pelaksana Tugas Ketua DPC PPP Kabupaten Malang. Dan untuk PDI-P, Panwas menerima penjelasan Ketua PDI-P Kabupaten Malang yang saat itu hadir dan menyatakan bahwa dalam AD-ART PDI-P, DPC memiliki wewenang untuk menerbitkan SK Bidang Peran Perempuan di tingkat cabang.

Dengan demikian, maka PPP dan PDI-P memenuhi syarat untuk menjadi Calon Peserta Pemilu Legislatif Tahun 2014 di Tingkat Kabupaten dengan catatan bahwa semua Partai baru benar-benar dapat ditetapkan menjadi Peserta Pemilu Legislatif Tahun 2014 apabila Partai tersebut memenuhi 75% di tingkat Kabupaten/Kota se-Indonesia dan 100% di tingkat Provinsi.

Berikut adalah Daftar dari Partai-Partai yang Memenuhi Syarat atau Tidak Memenuhi Syarat untuk menjadi Peserta Pemilu Legislatif Tahun 2014 di tingkat Kabupaten Malang.

Daftar Partai Verifikasi Faktual I

NO.

NAMA PARTAI

KETERANGAN

01PARTAI AMANAT NASIONAL (PAN)Memenuhi Syarat
02PARTAI BULAN BINTANG (PBB)Memenuhi Syarat
03PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN (PDI-P)Memenuhi Syarat
04PARTAI DEMOKRASI PEMBARUAN (PDP)Tidak Memenuhi Syarat
05PARTAI DEMOKRATMemenuhi Syarat
06PARTAI GERAKAN INDONESIA RAYA (GERINDRA)Memenuhi Syarat
07PARTAI GOLONGAN KARYA (GOLKAR)Memenuhi Syarat
08PARTAI HATI NURANI RAKYAT (HANURA)Memenuhi Syarat
09PARTAI KEADILAN DAN PERSATUAN INDONESIA (PKPI)Memenuhi Syarat
10PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS)Memenuhi Syarat
11PARTAI KEBANGKITAN BANGSA (PKB)Memenuhi Syarat
12PARTAI KEDAULATAN BANGSA INDONESIA BARU (PKBIB)Memenuhi Syarat
13PARTAI NASDEMMemenuhi Syarat
14PARTAI PEDULI RAKYAT NASIONAL (PPRN)Memenuhi Syarat
15PARTAI PERSATUAN NASIONAL (PPN)Tidak Memenuhi Syarat
16PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (PPP)Memenuhi Syarat

Dan berikut adalah link unduhan dari Berita Acara Rapat Pleno Terbuka tanggal 18 Desember 2012.

Berita Acara Rapat Pleno Terbuka 18 Desember 2012

NO.

BERITA ACARA

TAUTAN

01Berita Acara Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Legislatif Tahun 2014Unduh
02Berita Acara Verifikasi Faktual Pengurus dan Anggota Partai Politik Tingkat KabupatenUnduh
03Berita Acara Verifikasi Faktual Perbaikan Pengurus dan Anggota Partai Politik Tingkat KabupatenUnduh