Daftar Nominator peserta Lomba Desain Maskot dan Jingle Pilbup Malang 2015 dapat dilihat di kpud-malangkab.go.id
Ditulis oleh admin Dibuat pada 14 - Feb - 2018

RAPAT PLENO TERBUKA, KPU JATIM NYATAKAN DUA PASLON MEMENUHI SYARAT

Rapat Pleno Terbuka Penyampaian Hasil Penelitian dan Penetapan Paslon dalam Pilgub Jatim Tahun 2018 (Senin, 12/02/2018)

Surabaya, kpujatim.go.id- Rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) memutuskan dua pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur memenuhi syarat. Keputusan diambil setelah dilakukan penelitian perbaikan persyaratan administrasi, baik persyaratan pencalonan dan persyaratan calon.

Kedua paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim yang dinyatakan memenuhi syarat, yakni, pasangan Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto dan Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno. Penetapan tersebut dilakukan Senin (12/2), di aula lantai II Kantor KPU Jatim, jalan Raya Tenggilis Nomor 1 Surabaya.

Selain dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Jatim, rapat pleno terbuka penetapan paslon dihadiri langsung oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Hardjono, Ketua Badan Pengawas Pemilu Jawa Timur (Bawaslu Jatim) Moh. Amin, Anggota Bawaslu, Aang Khunaifi dan Totok Hariyanto, serta tim pemenangan dari kedua paslon.

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito selaku pimpinan sidang pleno terbuka menyatakan sebelum melakukan penetapan pasangan calon, pihaknya sudah melakukan penelitian persyaratan administarasi dokumen, serta perbaikan persyaratan pencalonan dan persyaratan calon dari kedua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim.

Untuk syarat pencalonan dalam lampiran model B-KWK parpol, menurutnya setelah dilakukan perbaikan dan hasil penelitian kelengkapan dan keabsahan dokumen sudah memenuhi syarat. Dia juga menyebutkan terkait syarat calon yang ada dalam model BB-KWK, hasil penelitian kelengkapannya juga sudah memenuhi syarat.

“Hasil dari pleno memutuskan bahwa kedua pasangan calon memenuhi syarat, setelah terlebih dahulu dilakukan penelitian perbaikan,” ujar Eko (12/02/2018).

Berikutnya, Eko membacakan dan menjelaskan hasil keputusan rapat pleno terbuka. Berkas yang telah dibacakan dan ditandatangani lalu diserahkan kepada kedua pasangan calon melalui masing-masing tim pemenangan yang hadir. Berkas dan dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon juga diserahkan kepada Bawaslu Jatim.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Jatim, Mohammad Amin menegaskan penetapan pasangan calon menjadi pintu gerbang untuk menuju tahapan selanjut. Dengan adanya penetapan menjadi pasangan calon, keduanya mempunyai hak dan kewajiban yang berlaku bagi masing-masing paslon. Begitu pulang dengan larangan-larangan, juga akan mendapat pengawasan dari pihaknya.

“Ke depan diminta untuk lebih berhati-hati, karena sudah ditetapkan sebagai pasangan calon. Tiga hari ke depan Kita sudah masuk dalam tahap kampanye,” pungkasnya.

(MC – BIB/BAY)


*

    previous arrow
    next arrow
    Slider