Peserta Konreg Diskusi Bahas Strategi Peningkatan Partisipasi Masyarakat

Acara Konsolidasi Regional (Konreg) Gelombang II di Hotel Fourpoints Kota Manado diisi dengan pemaparan materi peningkatan partisipasi masyarakat, Jumat (13/9/2019). Materi strategi meningkatkan partisipasi masyarakat, serta strategi sosialisasi menangkal hoax dari berbagai perspektif, meliputi ; hukum, budaya, dan neurosains telah dipaparkan kepada 188 peserta dari KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Indonesia yang hadir.

Materi – materi tersebut disampaikan oleh para narasumber yang kredibel, antara lain : Prof. Henry Subiakto (Staf Ahli Menteri Komunikasi & Informatika Bidang Hukum, Guru Besar Ilmu Komunikasi Unair), Radar Panca Dahana, (sastrawan & jurnalis), Dr.dr Taufik Pasiak, M/Kes, M.Pd.I, (Kepala Pusat Studi Otak dan Perilaku Sosial Universitas SAM. Ratulangi Manado) dan Mujahid Shafiq (MAFINDO – Masyarakat Anti Fitnah Indonesia).

Peserta konreg juga mengikuti diskusi kelas membahas evaluasi pemilu, strategi dan desain sosialisasi, strategi meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu, optimalisasi media dan website, serta modul pendidikan pemilih. Hasil diskusi ini kemudian dipaparkan kesimpulan lalu dirumuskan rencana tindak lanjut disesuaikan situasi dan kondisi tiap daerah. “Kami membahas topik sesuai pembagian kelas. Masing-masing KPU Kabupaten/Kota memiliki metode dengan kekhasan masing-masing. Hal ini yang kemudian dihimpun menjadi kesatuan strategi meningkatkan partisipasi masyarakat untuk Pemilihan tahun 2020,” ungkap Anggota KPU Kabupaten Malang Marhaendra Pramudya Mahardika. “Ditambah hasil pemaparan materi dari narasumber yang menambah cakrawala pengetahuan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, & SDM dalam menghadapi pemilihan yang akan datang.” kata MP. Mahardika seusai acara.

MP. Mahardika dalam acara Konsolidasi Regional Parmas Gelombang II di Manado (13/9/2019)