KPU Kabupaten Malang menerima kunjungan dari Badan Eksekutif Siswa (BES) SMK Cendika Bangsa, Selasa (5/11/2019). Kunjungan ini dalam rangka koordinasi persiapan penyelenggaraan Pemilihan Ketua BES Cendika Bangsa untuk periode 2019-2020. Rombongan yang berjumlah 13 siswa dan siswi SMK Cendika Bangsa diterima Anggota KPU Kabupaten Malang Nurhasin. Berikutnya dilakukan diskusi dan koordinasi terkait penyelenggaraan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 November 2019 nanti.
“Kami mendukung kegiatan teman-teman SMK Cendika Bangsa. Pemilihan Ketua Badan Eksekutif Siswa ini dapat menjadi latihan berdemokrasi bagi pelajar sebagai pemilih pemula. Nantinya saat benar-benar dihadapkan pada Pemilihan atau Pemilu, mereka sudah memiliki gambaran dan siap berperan dalam demokrasi,” kata Nurhasin Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Malang. “Kami akan bantu fasilitasi kegiatan pemilihan ketua BES tanggal 7 November 2019 di SMK Cendika Bangsa.” lanjut Nurhasin.
Pemilihan Ketua Badan Eksekutif Siswa, Ketua OSIS, atau lainnya, dapat menjadi media pembelajaran bagi pelajar mengenal proses demokrasi. Pemahaman tentang demokrasi, khususnya mekanisme dan tahapan pemilihan, perlu disosialisasikan pada semua kalangan tanpa kecuali. “Agar tidak terjadi gagap informasi. Pendidikan demokrasi bagi pemilih harus terus diintensifkan. Bila teman-teman pelajar paham betul tentang demokrasi, tentang posisi pemilih dalam pengambilan kebijakan, tentang kesadaran berkehidupan politik dan demokrasi, diharapkan melancarkan jalannya pendewasaan kehidupan berbangsa dan bernegara di republik ini.” kata Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, & SDM KPU Kabupaten Malang Marhaendra Pramudya Mahardika. “Kami, KPU Kabupaten Malang, dapat memberikan bantuan dan kerjasama sosialisasi dan pendidikan pemilih seperti ini. Bagi sekolah, organisasi, atau lembaga lainnya, yang memerlukan kerjasama, silakan hubungi kami di Jalan Panji Nomor 119 Kepanjen.” pungkasnya.