Persiapan Menuju Pilkada Serentak 2020

Tahun depan akan digelar Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Kabupaten Malang. Tertuang dalam Draft Peraturan KPU RI tentang Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota, hari pemungutan suara direncanakan jatuh pada hari Rabu tanggal 23 September 2020.


Meskipun tahapan pilkada ini masih berupa draft, tapi sudah bisa diukur perkiraan rentang waktu pelaksanaan tiap programnya. “Kami memang belum mendapatkan PKPU yang sudah ditetapkan untuk dasar pelaksanaan tahapan Pilkada 2020. Tetapi, berdasar draft PKPU dan UU Pilkada, sudah bisa diperkirakan kapan mulai perekrutan badan adhoc, pendaftaran bakal calon, waktu sosialisasi dll dihitung dari rencana pelaksanaan Pilkada 23 September 2020. Sedangkan untuk pelaksanaannya, tentu kami masih menunggu PKPU sebagai acuannya”, ungkap MP Mahardika (Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, & SDM KPU Kabupaten Malang).
“Kami kini menyusun rencana penganggaran Pilkada 2020 untuk segera disampaikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Malang. Mengingat 1 tahun sebelum Pilkada 2020 dilaksanakan, tahapan akan mulai dijalankan. Agar tiap tahapan bisa lancar dijalankan dengan anggaran yang sudah tersedia”.
KPU Kabupaten Malang memantau informasi dari beberapa sumber, sudah ada beberapa nama beredar yang diperkirakan akan mencalonkan sebagai bupati atau wakil bupati.
Mahardika menambahkan, “Nantinya, bakal calon kepala daerah yang mendaftar sebagai peserta Pilkada 2020 bisa berasal dari partai politik, gabungan partai politik, atau perseorangan.”
Partai politik dapat mendaftarkan pasangan calon jika memenuhi persyaratan perolehan kursi 20% dari keseluruhan jumlah kursi di DPRD atau 25% dari akumulasi perolehan suara sah dalam Pemilu DPRD 2019.
UU no 10 tahun 2016 juga memberi kesempatan kepada calon perseorangan untuk maju sebagai bakal calon kepala daerah jika memenuhi syarat dukungan paling sedikit 6,5% penduduk yang mempunyai hak pilih, diukur dari jumlah pemilih di Kabupaten Malang pada Pemilu 2019 kemarin.
“Tunggu saja, bila PKPU tentang tahapan Pilkada 2020 sudah ditetapkan, tentu akan segera kami sebar luaskan. Agar semua pihak turut mempersiapkan dengan matang. Harapan kami Pilkada 2020 nanti benar-benar menjadi perwujudan pesta demokrasi rakyat yang diselenggarakan dengan suasana bahagia.” pungkas M. Pramudya Mahardika. ***