Pemilih Berdaulat Pemilik Pemilu

Indonesia adalah negara Demokrasi. Didalam demokrasi, mewujudkan pemilu berkualitas dengan output yang dapat dipertanggungjawabkan merupakan cita-cita demokrasi. Sebagai sebuah jalan, kita bisa memilih pemimpin tanpa pemilu, namun sebagai negara berdaulat dengan bersepakat mengambil jalan demokrasi, maka satu-satunya jalan adalah dengan pemilu.

Dalam rangka mengokohkan wujud negara dari, oleh dan untuk rakyat, mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara, mensyaratkan adanya kedaulatan rakyat sebagai pemilik sah.

Rakyat dalam hal ini, bukan hanya wajib menentukan pilihan, lebih dari itu, rakyat juga harus mampu menempatkan dirinya sebagai pemegang kedaulatan yang cerdas. Untuk itu pendidikan pemilih merupakan wujud nyata usaha mendorong tumbuh kembangnya kesadaran, bahwa rakyatlah yang memiliki kuasa atas bentuk dan arah bangsa. Melalui pemilu, rakyat harus memilih. Memilih dalam arti ikut serta merumuskan dan berpartisipasi dalam setiap usaha menuju cita – cita negara sesuai dengan harapan fundamental para pendiri bangsa yang tertuang dalam UUD 1945. Melalui pemilu, rakyat harus mengenali, mengetahui rekam jejak dan kualitas setiap calon yang akan diberikan mandat atas kedaulatan memimpin bangsa kedepan, ketidak pedulian terhadap kualitas dan rekam jejak yang jelas dari setiap calon yang disodorkan akan memancing ketidakpastian dalam mengelola kehidupan berbangsa dan bernegara minimal selama 5 tahun ke depan. Sungguh disayangkan, untuk itulah setiap gerakan meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan rakyat harus didorong dan dioptimalkan.

KPU Kabupaten Malang, sebagai bagian tak terpisahkan dari proses pendidikan pemilih memiliki komitmen melayani dan memfasilitasi dalam rangka mewujudkan pemilu yang berkualitas, berintegritas sesuai dengan amanat Undang – undang dan peraturan yang berlaku. Salam Demokrasi. (Taufik).