Libatkan Generasi Muda Demi Menunjang Rencana Aplikasi E-Rekap

Anggota KPU RI Evi Novida Ginting Manik menghimbau kepada jajaran KPU di provinsi maupun kabupaten/kota yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah tahun 2020 untuk mulai membangun komunikasi dan kerjasama dengan universitas di daerah masing-masing.
Disebutkan, KPU membuka peluang bagi generasi muda untuk ikut terlibat aktif sebagai penyelenggara adhoc pada Pemilihan Gubernur & Wakil Gubernur, Bupati & Wakil Bupati/Walikota & Wakil Walikota Serentak Tahun 2020 mendatang.
Disampakan saat mengisi materi dalam Rapat Koordinasi Persiapan Penyusunan Anggaran Pemilihan Tahun 2020 di Kota Yogyakarta, hari Kamis (22/8/2019). Evi Novida Ginting Manik menyampaikan wacana merekrut dan melibatkan mahasiswa-mahasiswi sebagai petugas badan adhoc pemilihan.
Diharapkan, dengan hadirnya generasi muda sebagai penyelenggara di tingkat badan adhoc dapat membantu menunjang rencana KPU yang akan menggunakan sistem rekapitulasi suara berbasis elektronik atau e-rekap pada Pemilihan Tahun 2020 mendatang.
“Silakan bekerja sama dengan universitas yang ada, bila nantinya kita gunakan e-rekap paling tidak KPPS sudah mengerti teknologi”, ungkap Evi Novida.
Kerjasama yang dijalin bisa berkaitan dengan program akademis kampus, misalnya Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan sebagainya.
Selain rencana rekruitmen tersebut, terdapat beberapa perubahan sistematika pada Pemilihan 2020 nanti. Meliputi penyertaan surat pakta integritas petugas badan adhoc dan persyaratan kesehatan berdasar standar Kementrian Kesehatan.
“Kita tidak mau dipermasalahkan karena dianggap tidak serius pada beban kerja, waktu kerja, terhadap fisik badan adhoc kita. Teman-teman harus persiapkan ini dengan berkaitan dengan anggaran,” tutur Evi Novida Ginting Manik.