Kamis (7/11/2019), KPU Kabupaten Malang melakukan fasilitasi pendidikan pemilih di SMK Cendika Bangsa, Kepanjen. Dilaksanakan dalam kegiatan pendampingan Pemilihan Ketua Badan Eksekutif Siswa (BES) SMK Cendika Bangsa. Dimulai pukul 08.00 WIB, kegiatan dilaksanakan di Aula Universitas Raden Rahmat, Kepanjen. Nurhasin Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Malang menyampaikan sambutan pada pembukaan acara. “Kami apresiasi kegiatan teman-teman SMK Cendika Bangsa. Pemilihan Ketua BES ini sebagai latihan menghadapi proses pemilu yang sebenarnya. Nantinya, yang menang jangan tinggi hati. Yang terpilih sebagai ketua, harus bisa mengayomi semua kalangan,” ucap Nurhasin.
Kegiatan Pemilihan Ketua BES Cendika Bangsa ini diikuti siswa-siswi dari Kelas 10, 11, dan 12. Pada pemilihan Ketua BES periode 2019-2020 kali ini terdapat 3 kandidat calon ketua.

“Kegiatan pemilihan ketua Badan Eksekutif Siswa seperti ini dapat menjadi media pembelajaran menuju kedewasaan berdemokrasi. Bila sikap demokratis dan kebijaksanaan menyikapi proses kontestasi pemilihan telah dibiasakan sejak dini, diharapkan terbentuk mental generasi yang siap dan bijak menghadapi situasi politik yang sebenarnya.” pungkas Nurhasin.
“Kami apresiasi kegiatan pemilihan di tingkat sekolah seperti ini. Bagi sekolah atau lembaga pendidikan lain, jika membutuhkan bantuan pendampingan dan fasilitasi pemilihan, kami siap bekerja sama. Silakan hubungi KPU Kabupaten Malang di Jalan Panji Nomor 119 Kepanjen,” kata Marhaendra Pramudya Mahardika Divisi Sosdiklih Parmas & SDM KPU Kabupaten Malang.