Rabu (9/10/2019) malam kemarin, KPU Kabupaten Malang didaulat mengisi acara sosialisasi dan pendidikan pemilih yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Malang. Kegiatan yang digelar dalam rangka proyek perubahan sebagai rangkaian Diklat Kepemimpinan Pegawai Bakesbangpol ini dilaksanakan di Noch Coffee Jalan Suropati Nomor 14 Kota Malang. Sebagai prototype, sosialisasi dan pendidikan pemilih pemula kali ini dikemas dalam bentuk diskusi. “Dengan suasana acara yang santai, diharap menarik antusias peserta,” papar Yuyun dari Bakesbangpol Kabupaten Malang.
Anggota KPU Kabupaten Malang Marhaendra Pramudya Mahardika yang hadir sebagai pemantik diskusi menyebutkan, “Pendidikan pemilih merupakan elemen penting dalam demokrasi. Tidak hanya sekedar memastikan tercatat sebagai pemilih, tapi juga dapat menggunakan hak pilihnya secara langsung dan bebas di bilik suara.”
Acara ini menghadirkan peserta yang terdiri dari 10 orang siswi SMKN 1 Malang dan SMK Cendika Bangsa. “Sebagai prototype, kami undang 10 siswi. Berikutnya akan kami agendakan dengan audiens yang lebih banyak,” ungkap Yuyun.
Pendidikan pemilih pemula memiliki fungsi strategis. Pemilih pemula, yang berjumlah cukup besar dalam setiap Pemilu, perlu mendapatkan arahan yang baik agar memiliki pemahaman yang baik terhadap demokrasi. Dalam menjatuhkan pilihan, diharapkan pemilih pemula mampu menggunakan kalkulasi rasional dan ilmiah dengan berlandaskan pengetahuan, kesadaran, dan tanggungjawab untuk membangun bangsa dan negara.