Usai Seleksi Tertulis, Bersiap Seleksi Wawancara

Berita Terkini Tanggal Kirim: 03 Februari 2020 | Penulis:

KPU Kabupaten Malang telah mengumumkan hasil seleksi tertulis calon anggota PPK untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang Tahun 2020, Senin (3/2/2020). Dari keseluruhan peserta, KPU Kabupaten Malang mengambil 10 nama dari tiap kecamatan yang memiliki nilai tertinggi. 

"Kami ucapkan selamat bagi para calon anggota PPK yang telah dinyatakan lulus seleksi tertulis. Bagi yang belum lulus kali ini, jangan patah semangat. Masih ada kesempatan lain. Kita tetap dapat berpartisipasi dalam Pemilihan melalui jalan lain," kata Marhaendra Pramudya Mahardika Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Malang (3/2/2020). "Selain itu, kami nanti juga akan melakukan rekruitmen untuk pembentukan PPS. Kami harap teman-teman yang belum masuk sebagai PPK, dapat juga mendaftarkan diri sebagai calon anggota PPS," tutur MP. Mahardika.

Sebagaimana tercantum dalam Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2015, KPU Kabupaten Malang menetapkan paling banyak 10 (sepuluh) orang calon anggota PPK yang lulus seleksi tertulis. 10 nama calon anggota PPK ini berikutnya akan mengikuti seleksi wawancara yang akan digelar pada tanggal 8 sampai dengan 10 Februari 2020. "Tanggal 8 Februari kami akan undang 10 nama calon anggota PPK ini untuk seleksi wawancara. Rencananya, seleksi wawancara akan kami selenggarakan di Kantor KPU Kabupaten Malang di Kepanjen. Jelasnya akan kami sampaikan pada pengumuman," kata MP Mahardika saat ditemui di Kantor KPU Kabupaten Malang.

Materi seleksi wawancara yang akan dilakukan oleh KPU Kabupaten Malang berpedoman pada Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2015. Tercantum pada pasal 29 ayat 2, materi seleksi wawancara meliputi :
a. Rekam jejak calon anggota PPK,
b. Pengetahuan tentang Pemilihan yang mencakup tugas, wewenang, dan kewajiban PPK, penelitian syarat dukungan Pasangan Calon Perseorangan, teknis pemungutan suara, penghitungan perolehan suara, dan rekapitulasi penghitungan perolehan suara, dan
c. Klarifikasi tanggapan masyarakat.

"Kami minta para calon anggota PPK yang telah dinyatakan lulus seleksi untuk mempersiapkan diri. Tes tertulis sudah usai, nanti tes wawancara akan kami uji melalui tanya jawab," kata MP. Mahardika. "Dalam tes wawancara, kami juga akan meminta klarifikasi kepada para calon anggota PPK terkait tanggapan masyarakat kepada yang bersangkutan, bila ada." pungkas MP. Mahardika.

Seleksi wawancara adalah seleksi untuk menentukan calon anggota PPK terpilih. 10 nama calon anggota PPK di setiap kecamatan akan disaring dan dipilih 5 orang sebagai calon anggota PPK untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang tahun 2020. Dari 33 kecamatan se-Kabupaten Malang akan dipilih 165 orang anggota PPK. 
*** (mpm)


KPU KAB. MALANG Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya

MENUJU 23 SEPTEMBER 2020
PEMILIHAN BUPATI & WAKIL BUPATI MALANG 2020

Hari
Jam
Menit
Detik

ARSIP POSTING
[April 2020] 12 Arsip posting
[February 2020] 38 Arsip posting
[January 2020] 55 Arsip posting
[March 2020] 28 Arsip posting
MULTIMEDIA
Prosedur Penyerahan Pendaftaran Calon Anggota PPK Pemilihan Tahun 2020
AGENDA KEGIATAN
Pendaftaran Lembaga Survei / Jajak Pendapat / Penghitungan Cepat Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Malang Tahun 2020
Pendaftaran Lembaga Pemantau Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang Tahun 2020