Terkait SKCK dan Surat Keterangan Lainnya, Begini Penjelasannya

Berita Terkini Tanggal Kirim: 18 Januari 2020 | Penulis:

Terkait pengumuman pendaftaran calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Malang yang telah diumumkan di media masa, media online dan ditempel di kantor KPU Kabupaten Malang serta di tempat lainnya, Komisioner KPU Kabupaten Malang Khilmi Arif mengatakan bahwa masih ada beberapa hal yang perlu dijelaskan secara detail. Hal ini karena masih terdapat pertanyaan dari masyarakat terkait syarat dan kelengkapan dokumen yang harus diserahkan pada saat pendaftaran.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut seputar kelengkapan administrasi, misal ; apakah harus mengurus SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), Surat Keterangan tidak dipidana dari Pengadilan Negeri dan surat ketetangan bebas dari penyalahgunaan Narkotika dari BNN apakah harus diserahkan pada saat mendaftar.

Menjawab pertanyaan tersebut, Khilmi Arif selaku Divisi Perencanaan, Data dan Informasi ketika dikonfirmasi di kantor KPU Kabupaten Malang (17/01/2020) menjelaskan bahwa, "Surat-surat yang dimaksud tidak perlu diurus sekarang, alias tidak diserahkan pada saat pendaftaran. Melainkan menjadi kelengkapan yang harus diserahkan pada saat akan dilakukan pelantikan." Sehingga, calon anggota PPK yang telah melalui tahapan seleksi administrasi hingga seleksi wawancara, kemudian dinyatakan lulus atau diterima, baru yang bersangkutan diharuskan menyerahkan dokumen surat keterangan dari Pengadilan dan surat keterangan bebas dari penyalahgunaan Narkotika. Adapun SKCK adalah kelengkapan yang harus dipenuhi untuk mengurus surat keterangan dari pengadilan.

Penyerahan kelengkapan dokumen yang harus diserahkan telah dijabarkan melalui laman resmi KPU Kabupaten Malang. Surat pendaftaran, surat pernyataan, dan daftar riwayat hidup, dapat diunduh melalui laman resmi KPU Kabupaten Malang www.kpud-malangkab.go.id atau diambil di Kantor KPU Kabupaten Malang Jalan Panji Nomor 119 Kepanjen. Bila masyarakat memerlukan berkonsultasi atau membutuhkan penjelasan lebih lanjut, dapat menghubungi Kantor KPU Kabupaten Malang. ***(Zal)


KPU KAB. MALANG Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya

MENUJU 23 SEPTEMBER 2020
PEMILIHAN BUPATI & WAKIL BUPATI MALANG 2020

Hari
Jam
Menit
Detik

ARSIP POSTING
[February 2020] 38 Arsip posting
[January 2020] 55 Arsip posting
[March 2020] 25 Arsip posting
MULTIMEDIA
Prosedur Penyerahan Pendaftaran Calon Anggota PPK Pemilihan Tahun 2020
AGENDA KEGIATAN
Pendaftaran Lembaga Survei / Jajak Pendapat / Penghitungan Cepat Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Malang Tahun 2020
Pendaftaran Lembaga Pemantau Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang Tahun 2020