Sesuai PKPU Nomor 3 Tahun 2015, Pelaksanaan Tugas PPK Dibantu oleh Sekretariat PPK

Berita Terkini Tanggal Kirim: 10 Januari 2020 | Penulis:

KPU Kabupaten Malang mempersiapkan pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang tahun 2020. PPK ini dibentuk untuk menyelenggarakan Pemilihan di tingkat kecamatan. Berkedudukan di ibukota Kecamatan, PPK dibentuk sebanyak 5 (lima) orang di tiap kecamatan. Dalam pelaksanaan tugasnya, PPK dibantu oleh Sekretariat PPK. Sekretariat PPK dibentuk dari Pegawai Negeru Sipil yang memenuhi persyaratan. "Di tiap kecamatan, Sekretariat PPK dipimpin oleh seorang Sekretaris PPK. Sekretaris ini dibantu oleh dua orang Staf Sekretariat PPK. Satu orang sebagai Staf Sekretariat urusan Teknis Penyelenggaraan, satu lagi sebagai Staf Sekretariat urusan Tata Usaha, Keuangan, dan Logistik Pemilihan," kata Marhaendra Pramudya Mahardika Divisi Sosdiklih Parmas SDM KPU Kabupaten Malang (10/1/2020).

Pada pasal 44 PKPU Nomor 3 Tahun 2015 disebutkan, tugas Sekretaris PPK adalah :
a. Membantu pelaksanaan tugas PPK,
b. Memimpin dan mengawasi kegiatan Sekretariat PPK,
c. Melaksanakan tugas yang ditentukan oleh PPK, dan 
d. Memberikan pendapat dan saran kepada Ketua PPK.

Sementara, Staf Sekretariat PPK urusan Teknis penyelenggaraan bertugas menyiapkan Teknis Penyelenggaraan Pemilihan. Tugas Sekretariat PPK urusan Tata Usaha, Keuangan, dan Logistik Pemilihan antara lain menyiapkan segala urusan tata usaha, pembiayaan, administrasi PPK dan pertanggungjawaban keuangan, menyimpan bukti kas pembiayaan Pemilihan untuk kegiatan PPK, serta menyiapkan perlengkapan Pemilihan beserta kelengkapan administrasi. Dalam pelaksanaan tugasnya, Staf Sekretariat bertanggungjawab kepada Sekretaris PPK. "Tugas-tugas ini telah diatur pada pasal 45 PKPU Nomor 3 Tahun 2015," lanjut MP. Mahardika.

"Sekretariat PPK akan dibentuk setelah PPK terbentuk di setiap kecamatan. Untuk mengawali, kami persiapkan pembentukan anggota PPK mulai tanggal 15 Januari 2020 mendatang. Akan kami umumkan pembentukan PPK selama tiga hari, tanggal 15, 16, dan 17 Januari. Lalu dilanjutkan dengan pendaftaran mulai tanggal 18 Januari hingga batas akhir tanggal 24 Januari 2020." pungkas Divisi Sosdiklih Parmas SDM KPU Kabupaten Malang ini. *** (mpm)


KPU KAB. MALANG Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya

MENUJU 23 SEPTEMBER 2020
PEMILIHAN BUPATI & WAKIL BUPATI MALANG 2020

Hari
Jam
Menit
Detik

ARSIP POSTING
[February 2020] 38 Arsip posting
[January 2020] 55 Arsip posting
[March 2020] 25 Arsip posting
MULTIMEDIA
Prosedur Penyerahan Pendaftaran Calon Anggota PPK Pemilihan Tahun 2020
AGENDA KEGIATAN
Pendaftaran Lembaga Survei / Jajak Pendapat / Penghitungan Cepat Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Malang Tahun 2020
Pendaftaran Lembaga Pemantau Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang Tahun 2020