Persiapan Pembentukan Badan Adhoc Pemilihan 2020, KPU Kabupaten Malang Gelar Sosialisasi dan Koordinasi bersama Stake Holder

Berita Terkini Tanggal Kirim: 09 Januari 2020 | Penulis:

KPU Kabupaten Malang menggelar Sosialisasi dan Koordinasi Pembentukan Badan Adhoc Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang Tahun 2020 bersama Stake Holder Kabupaten Malang, Kamis (9/1/2020). Digelar di hall Hotel Trio Indah 2 Jalan Brigjend. Slamet Riyadi Nomor 1-3 Klojen Kota Malang, giat ini dibuka dengan sambutan dan pengarahan dari Anis Suhartini selaku Ketua KPU Kabupaten Malang.

Sosialisasi dan koordinasi ini menghadirkan Camat se-Kabupaten Malang, Kepolisian Resor Malang Kabupaten dan Kota Batu, Kodim 0818, Organisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Malang, di antaranya Dinas Pendidikan Kab. Malang, Dinas Kesehatan Kab. Malang, Bakesbangpol Malang, serta perwakilan dinas lain. Selain itu juga hadir komunitas dan organisasi disabilitas Malang Raya dan kalangan jurnalis.

Dimulai pukul 10.00 WIB, sosialisasi dan materi tentang pembentukan badan adhoc penyelenggara Pemilihan tahun 2020 disampaikan oleh Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Malang Marhaendra Pramudya Mahardika. "Menjadi penting, sosialisasi kali ini demi menyampaikan informasi kepada stake holder di tingkat Kecamatan, yang diharapkan  dapat membantu menyebarluaskan informasi pembentukan badan adhoc, khususnya PPK, yang akan dimulai tanggal 15 Januari 2020 mendatang," kata Marhaendra Pramudya Mahardika.
"Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK, dibentuk sebagai perpanjangan tangan KPU untuk menyelenggarakan Pemilihan di tingkat kecamatan. Nantinya, PPK yang dibentuk berjumlah 5 orang di tiap kecamatan. Selain itu juga akan dibantu dengan Sekretariat PPK yang dibentuk dari Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi persyaratan. Sekretariat PPK dipimpin seorang Sekretaris PPK dan dibantu 2 orang Staf Sekretariat PPK," ungkap MP. Mahardika.

Pembentukan PPK untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang tahun 2020, didasarkan pada PKPU Nomor 3 Tahun 2015, PKPU nomor 12 Tahun 2017, serta PKPU nomor 13 Tahun 2017. "Selama belum ada peraturan perundangan yang baru, maka kami mendasarkan pada PKPU tersebut," lanjut MP. Mahardika.

Selain sosialisasi dan pemaparan materi, KPU Kabupaten Malang juga menerima masukan dan saran serta evaluasi dari kegiatan di periode sebelumnya. "Prinsipnya, kami berusaha melakukan perbaikan, khususnya tentang pembentukan, pelaksanaan kerja, hingga pelaporan dan pertanggungjawaban kegiatan di PPK. Kami harap permasalahan yang pernah terjadi, dapat ditemukan solusi demi perbaikan dan melancarkan kegiatan ke depan. Kami juga menyiapkan modul petunjuk teknis tentang tata kerja PPK agar sistem kerja dan pertanggungjawaban dapat disistematisir dengan baik," kata Ketua KPU Kabupaten Malang Anis Suhartini menambahkan.

Setelah kegiatan sosialisasi dan koordinasi ini, KPU Kabupaten Malang akan melakukan audiensi serta pembahasan detail dengan stakeholder dan dinas terkait demi mempersiapkan pembentukan badan adhoc yang lancar dan tertib. "Kami harapkan bantuan dan kerjasama dari semua pihak, agar Pemilihan tanggal 23 September 2020 nanti menjadi pesta demokrasi yang lancar, aman, demokratis, dan membawa kebahagiaan untuk masyarakat Kabupaten Malang." pungkas MP. Mahardika. *** (mpm)


KPU KAB. MALANG Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya

MENUJU 23 SEPTEMBER 2020
PEMILIHAN BUPATI & WAKIL BUPATI MALANG 2020

Hari
Jam
Menit
Detik

ARSIP POSTING
[February 2020] 38 Arsip posting
[January 2020] 55 Arsip posting
[March 2020] 25 Arsip posting
MULTIMEDIA
Prosedur Penyerahan Pendaftaran Calon Anggota PPK Pemilihan Tahun 2020
AGENDA KEGIATAN
Pendaftaran Lembaga Survei / Jajak Pendapat / Penghitungan Cepat Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Malang Tahun 2020
Pendaftaran Lembaga Pemantau Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang Tahun 2020