Peraturan MK tentang Penanganan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota Tahun 2020

Berita Terkini Tanggal Kirim: 20 Desember 2020 | Penulis:

PASAL 18 ayat (4) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menegaskan bahwa kepala daerah dipilih secara demokratis. Upaya untuk mewujudkan pemilihan kepala daerah yang demokratis dalam realitasnya tidak dapat terhindar dari berbagai permasalahan  baik dari sisi regulasi, kelembagaan, maupun penegakan hukum. Namun demikian, segala permasalaahan tersebut sejatinya harus mampu diatasi melalui upaya dan proses yang sangat beradab dalam memilih pemimpin untuk mengatur negara dan daerah.

Upaya untuk menjamin terwujudnya Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang benar-benar sesuai dengan kaidah demokrasi membutuhkan adanya suatu sistem yang baik, antara lain dengan keberadaan bagian-bagian yang merupakan sistem sekunder (subsystem) seperti electoral regulation, electoral process, dan electoral law enforcement.

Electoral regulation adalah segala ketentuan atau aturan mengenai Pemilihan yang berlaku, bersifat mengikat dan menjadi pedoman bagi penyelenggara, pasangan calon, dan pemilih dalam menunaikan peran dan fungsi masing-masing.

Electoral process adalah seluruh kegiatan yang terkait langsung dengan pelaksanaan Pemilihan merujuk pada ketentuan perundang-undangan baik yang bersifat legal maupun bersifat teknikal. Electoral law enforcement merupakan penegakan hukum terhadap aturan-aturan pilkada baik sengketa pemilihan, pelanggaran administratif, pidana Pemilihan maupun perselisihan hasil.

Salah satu langkah yang dilaksanakan untuk mewujudkan Pemilihan yang demokratis adalah dengan diterbitkannya Peraturan Mahkamah Konstitusi No. 6 Tahun 2020 sebagai PMK terbaru untuk penanganan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2020.

Berikut ini Himpunan Peraturan Mahkamah Konstitusi tentang Penanganan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota;



Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya


Hari
Jam
Menit
Detik

ARSIP POSTING
[January 2021] 7 Arsip posting
MULTIMEDIA
Rapat Pleno Penetapan Paslon Terpilih dalam Pemilihan Tahun 2020
AGENDA KEGIATAN