Penerimaan Pendaftaran Calon Anggota PPK di Hari Ketiga Didominasi Kaum Perempuan

Berita Terkini Tanggal Kirim: 20 Januari 2020 | Penulis:

Kepanjen - Pemandangan di ruang penerimaan pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang Tahun 2020 terlihat berbeda dengan hari sebelumnya. Hari ini panitia penerimaaan pendaftaran terlihat sibuk melayani para pendaftar calon anggota PPK. Hal ini disebabkan karena banyaknya masyarakat yang memilih hari kerja seperti hari Senin (20/1/2020) ini untuk menyerahkan kelengkapan berkas pendaftaran PPK. 

Sejak dibuka pendaftaran pukul 08.00 WIB, terlihat antrian pendaftar yang didominasi kaum perempuan. Hal ini dapat menunjukkan bahwa inisiatif kaum perempuan di Kabupaten Malang yang makin aktif melibatkan diri sebagai penyelenggara pemilihan. 

Seperti dipaparkan oleh salah satu pendaftar, yakni Fatmawati (44 th) yang menjelaskan bahwa perempuan juga mampu memberikan sumbangsihnya dalam proses penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang Tahun 2020 mendatang. "Saya daftar PPK, lantaran saya sadar bahwa perempuan juga mampu berpartisipasi sebagai penyelenggara pemilihan, walaupun tugasnya memang banyak", ungkapnya.

Fatmawati merupakan salah satu pendaftar perempuan untuk calon anggota PPK dari kecamatan Singosari. Meskipun jarak yang ditempuh menuju lokasi pendaftaran terhitung jauh, namun hal tersebut tidak mengurangi semangatnya untuk ikut serta mengawal proses demokrasi di Kabupaten Malang. "Tadi saya berangkat kesini sekitar pukul sembilan, kurang lebih perjalanan satu jam setengah dari Singosari ke Kepanjen, ya kalau macet bisa sampai 2 jam" tutur ibu yang juga berprofesi sebagai guru tersebut.
 
Hal ini ditanggapi secara positif oleh komisioner KPU Kabupaten Malang MP. Mahardika selaku pengampu Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat & SDM. Beliau menyampaikan apresiasi terkait jumlah pendaftar yang kali ini didominasi oleh perempuan. Meskipun menurutnya KPU Kabupaten Malang tetap membuka kesempatan yang sama antara laki laki dan perempuan. 

"Kami apresiasi hal tersebut. Tidak hanya bapak-bapak dan mas-mas saja yang daftar, akan tetapi juga dari mbak-mbak dan ibu-ibu" ujarnya. Selain itu, MP. Mahardika menambahkan bahwa keterwakilan perempuan dalam proses penyelenggaraan juga diatur di dalam Peraturan KPU. "Dalam PKPU sudah diatur mengenai mempertimbangkan kuota keterwakilan perempuan 30 (tiga puluh) persen sebagai penyelenggara, melihat antuasias kaum perempuan yang mendaftar hari ini tentunya akan memudahkan kami untuk memetakan kuota calon anggota PPK perempuan di masing-masing kecamatan, tentunya setelah melalui proses seleksi dan yang memenuhi persyaratan", tutur pria yang akrab disapa Dika tersebut. *** (mursyid)


KPU KAB. MALANG Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya

MENUJU 23 SEPTEMBER 2020
PEMILIHAN BUPATI & WAKIL BUPATI MALANG 2020

Hari
Jam
Menit
Detik

ARSIP POSTING
[February 2020] 38 Arsip posting
[January 2020] 55 Arsip posting
[March 2020] 25 Arsip posting
MULTIMEDIA
Prosedur Penyerahan Pendaftaran Calon Anggota PPK Pemilihan Tahun 2020
AGENDA KEGIATAN
Pendaftaran Lembaga Survei / Jajak Pendapat / Penghitungan Cepat Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Malang Tahun 2020
Pendaftaran Lembaga Pemantau Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang Tahun 2020