Pembentukan PPK Pemilihan Tahun 2020 Berpedoman Pada Surat Dinas KPU RI Nomor 12 Tahun 2020

Berita Terkini Tanggal Kirim: 12 Januari 2020 | Penulis:

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah menerbitkan instruksi kepada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Diterbitkan dalam Surat Dinas Ketua KPU RI Arief Budiman dengan Nomor 12/PP.04.2-SD/01/KPU/I/2020, Surat Dinas telah diterima KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota tertanggal 10 Januari 2020. Surat Dinas KPU RI Nomor 12 Tahun 2020 tersebut menjadi pedoman KPU Kabupaten/Kota untuk Pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020.

"Dengan adanya SD KPU RI Nomor 12 Tahun 2020, kami telah memiliki pedoman yang komprehensif dalam pembentukan PPK. Persyaratan, penjadwalan, format pembentukan telah diatur detail dalam Surat Dinas tersebut," kata Marhaendra Pramudya Mahardika Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Malang (11/1/2020).

Pembentukan PPK untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang Tahun 2020 dimulai tanggal 15 Januari 2020 dengan pengumuman pendaftaran. Berikutnya, penerimaan berkas pendaftaran calon anggota PPK dijadwalkan mulai tanggal 18 Januari 2020 dan berakhir pada tanggal 24 Januari 2020. Proses pembentukan PPK, berdasar PKPU Nomor 16 Tahun 2019 dijadwalkan hingga tanggal 14 Februari 2020. 

Sehubungan dengan hal tersebut, KPU RI telah menginstruksikan hal-hal sebagai berikut :
1. Pembentukan PPK berpedoman pada PKPU Nomor 13 Tahun 2017 tentang Perubahan Kedua atas PKPU Nomor 3 Tahun 2015 tentang Tata Kerja KPU, KPU Provinsi/KIP Aceh, dan KPU/KIP Kabupaten/Kota tentang Pembentukan dan Tata Kerja PPK, PPS, dan KPPS dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota dan dikelola oleh unit kerja yang menangani bidang Sumber Daya Manusia.
2. Persyaratan tidak menjadi tim kampanye peserta Pemilu dan/atau Pemilihan atau paling singkat 5 (lima) tahun yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah berdasarkan PKPU Nomor 36 Tahun 2018 tentang Perubahan atas PKPU Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pembentukan dan Tata Kerja PPK, PPS, dan KPPS dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum.
3. Penghitungan jabatan Anggota PPK, PPS, dan KPPS dalam jabatan yang sama yaitu telah menjabat 2 (dua) kali periode berturut-turut sebagai Angoota PPK, PPS, dan KPPS dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD, Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota dengan periodesasi sebagai berikut :
a. Periode Pertama dimulai pada tahun 2004 hingga tahun 2008,
b. Periode Kedua dimulai pada tahun 2009 hingga tahun 2013, dan
c. Periode Ketiga dimulai pada tahun 2014 hingga tahun 2018,
d. Periode Keempat dimulai pada tahun 2019.
4. Dalam pemenuhan kelengkapan persyaratan mampu secara jasmani dan rohani, KPU Kabupaten/Kota dapat bekerja sama dengan dinas yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan/ Dinas Kesehatan setempat untuk mendapatkan puskesmas atau rumah sakit yang ditunjuk.
5. Dalam hal sampai dengan masa pendaftaran berakhir tidak ada peserta yang mendaftar atau kurang dari 2 (dua) kali jumlah PPK yang dibutuhkan, KPU Kabupaten/Kota membuka perpanjangan waktu pendaftaran selama 3 (tiga) hari.
6. Pembentukan Sekretariat PPK dilaksanakan paling lambat 7 (tujuh) hari setelah pelantikan Anggota PPK dengan merujuk kepada mekanisme yang diatur dalam lampiran yang tidak terpisahkan dari surat ini.
7. Format dokumen yang dibutuhkan dalam Pembentukan PPK merujuk kepada Peraturan sebagaimana dimaksud pada angka 1 dan lampiran-lampiran dalam surat ini.
8. Terlampir disampaikan dokumen-dokumen sebagai berikut:
a. Timeline pembentukan PPK;
b. Format pengumuman pendaftaran calon anggota PPK;
c. Format surat keputusan pengangkatan Anggota dan Sekretaris PPK;
d. Format formulir pendaftaran dan surat pernyataan; dan
e. Format Pakta Integritas anggota PPK dan Sekretariat PPK.
9. KPU Provinsi agar melakukan supervisi dan monitoring terhadap proses pembentukan PPK dan menyampaikan laporan pembentukan PPK di masing-masing KPU Kabupaten/Kota di wilayah kerjanya paling lambat 15 Maret 2020 melalui email litbang.organisasi@kpu.go.id.

Dengan demikian, KPU Kabupaten Malang dalam melakukan pembentukan PPK Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang Tahun 2020 menggunakan pedoman pada Surat Dinas Nomor 12 Tahun 2020 ini. "Pada surat dinas ini juga diatur mengenai perpanjangan waktu jika peserta yang mendaftar masih kurang, KPU Kabupaten/Kota dapat membuka perpanjangan waktu pendaftaran selama tiga hari. Meskipun kami harap, nantinya pendaftar calon anggota PPK dapat terpenuhi hingga batas akhir tanggal 24 Januari 2020," ucap Mahardika. 

Persyaratan untuk calon anggota PPK Pemilihan Tahun 2020 antara lain :
a. warga negara Indonesia;
b. berusia paling rendah 17 (tujuh belas) tahun;
c. setia kepada Pancasila sebagai dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945;
d. mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil;
e. tidak menjadi anggota Partai Politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah atau paling singkat dalam jangka waktu 5 (lima) tahun tidak lagi menjadi anggota Partai Politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus Partai Politik yang bersangkutan;
f. berdomisili dalam wilayah kerja PPK, PPS, dan KPPS;
g. mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika;
h. berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat;
i. tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memeroleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih;
j. tidak pernah dijatuhi sanksi pemberhentian tetap oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota atau Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu;
k. belum pernah menjabat 2 (dua) kali dalam jabatan yang sama sebagai anggota PPK, PPS, dan KPPS; 
Penghitungan jabatan Anggota PPK, PPS, dan KPPS dalam jabatan yang sama yaitu telah menjabat 2 (dua) kali periode berturut-turut sebagai anggota PPK, PPS, dan KPPS dalam pelaksanaan Pemilihan Umum DPR, DPD, dan DPRD, Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota dengan periodesasi sebagai berikut :
a. Periode Pertama dimulai pada tahun 2004 hingga tahun 2008,
b. Periode Kedua dimulai pada tahun 2009 hingga tahun 2013, dan
c. Periode Ketiga dimulai pada tahun 2014 hingga tahun 2018,
d. Periode Keempat dimulai pada tahun 2019.
l. tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu.
m. tidak menjadi tim kampanye Peserta Pemilu dan/atau Pemilihan yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah atau paling singkat 5 (lima) tahun tidak lagi menjadi tim kampanye Peserta Pemilu dan/atau Pemilihan yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah.  

"Masyarakat dapat mulai menyiapkan kelengkapan persyaratan. Kami sudah unggah SD KPU RI Nomor 12 Tahun 2020 di laman KPU Kabupaten Malang www.kpud-malangkab.go.id. Agar pada saat mulai masa penerimaan pendaftaran, pendaftar sudah mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan dan dilengkapi." pungkas Mahardika. *** (mpm)


Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya

MENUJU 9 DESEMBER 2020
Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Malang

Hari
Jam
Menit
Detik

ARSIP POSTING
[April 2020] 30 Arsip posting
[February 2020] 38 Arsip posting
[January 2020] 55 Arsip posting
[July 2020] 3 Arsip posting
[June 2020] 32 Arsip posting
[March 2020] 28 Arsip posting
[May 2020] 6 Arsip posting
MULTIMEDIA
Gunakan Masker, Cegah Penularan COVID-19
AGENDA KEGIATAN
Verifikasi Faktual Dukungan Bapaslon Perseorangan
Pencocokan & Penelitian Data Pemilih oleh PPDP
Pendaftaran Lembaga Pelaksana Survei / Jajak Pendapat & Penghitungan Cepat Hasil Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Malang tahun 2020