Pembentukan PPK Akan Dimulai, Masyarakat Dapat Mulai Mempersiapkan Kelengkapan Persyaratan

Berita Terkini Tanggal Kirim: 11 Januari 2020 | Penulis:

Gelaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang Tahun 2020 akan segera berlangsung tanggal 23 September 2020 mendatang. Memasuki bulan Januari, KPU Kabupaten Malang mulai mempersiapkan pembentukan PPK di setiap kecamatan di Kabupaten Malang. "Pengumuman pendaftaran PPK akan kami publikasi mulai tanggal 15 Januari 2020. Selama tiga hari diumumkan, hingga tanggal 17 Januari 2020, pengumuman akan disampaikan melalui laman resmi KPU Kabupaten Malang www.kpud-malangkab.go.id, media sosial KPU Kabupaten Malang, papan pengumuman di Kantor KPU Kabupaten Malang, papan pengumuman di kantor Kecamatan se-Kabupaten Malang, serta melalui media massa," kata Marhaendra Pramudya Mahardika Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Malang (11/1/2020).

Pada saat pengumuman pembentukan PPK ini, KPU Kabupaten Malang akan mempublikasikan antara lain persyaratan bagi calon anggota PPK, tempat pendaftaran,  jadwal pendaftaran, dan lain-lain.
"Berpedoman pada PKPU Nomor 13 Tahun 2017, syarat menjadi anggota PPK antara lain lain ; WNI, usia minimal 17 tahun, setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan Cita-Cita Proklamasi 17 Agustus 1945, mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil, tidak menjadi anggota partai politik paling singkat dalam jangka waktu 5 tahun, berdomisili dalam wilayah kerja PPK, mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika, pendidikan paling rendah SLTA atau sederajat, tidak pernah dipidana penjara dengan ancaman pidana penjara 5 tahun atau lebih, tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian tetap oleh KPU Kabupaten Malang atau DKPP, belum pernah menjabat 2 kali sebagai anggota PPK, tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu," ungkap MP. Mahardika menjelaskan. "Juga ditambahkan persyaratan tidak menjadi tim kampanye peserta Pemilu dan/atau Pemilihan atau paling singkat 5 tahun yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah. Ini disebutkan dalam Surat Dinas KPU RI Nomor 12 Tahun 2020 yang kami terima tanggal 10 Januari 2020 kemarin."

KPU Kabupaten Malang sedang mempersiapkan pengumuman pembentukan PPK Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang Tahun 2020 ini. Pengumuman akan dilengkapi dengan penjelasan persyaratan yang dibutuhkan serta penjadwalan pendaftarannya.

"Pembentukan PPK ini untuk mewadahi partisipasi masyarakat Kabupaten Malang yang hendak melibatkan diri sebagai penyelenggara pemilihan di tingkat kecamatan. Tentu bagi yang memenuhi persyaratan." ucap MP. Mahardika.  "Maka dari itu, bagi yang berminat harap mempersiapkan diri dan melengkapi persyaratannya. Pantau terus informasi pembentukan PPK ini melalui www.kpud-malangkab.go.id." pungkas Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Malang ini. *** (mpm)


KPU KAB. MALANG Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya

MENUJU 23 SEPTEMBER 2020
PEMILIHAN BUPATI & WAKIL BUPATI MALANG 2020

Hari
Jam
Menit
Detik

ARSIP POSTING
[January 2020] 47 Arsip posting
MULTIMEDIA
Prosedur Penyerahan Pendaftaran Calon Anggota PPK Pemilihan Tahun 2020
AGENDA KEGIATAN
Penerimaan Dokumen Peserta Lomba Cipta Karya Desain Maskot & Jingle Pemilihan Tahun 2020
Seleksi Tertulis Calon Anggota PPK Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Malang Tahun 2020
Pengumuman Hasil Penelitian Administrasi Pendaftaran Calon Anggota PPK