Pembentukan PPDP Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang dimulai tanggal 24 Juni 2020

Berita Terkini Tanggal Kirim: 25 Juni 2020 | Penulis:

Dalam pelaksanaan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang Tahun 2020, KPU Kabupaten Malang melaksanakan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), mulai tanggal 24 Juni 2020. PPDP dibentuk untuk melaksanakan tugas pencocokan dan penelitian data pemilih, yang akan dilaksanakan mulai tanggal 15 Juni 2020 mendatang.

"Kami telah menerima Surat Dinas KPU RI Nomor 487 tahun 2020 sebagai acuan pembentukan PPDP. Di dalamnya diatur tentang mekanisme dan tahapan pembentukan PPDP dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19," kata Marhaendra Pramudya Mahardika Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Malang.

Bahwa pembentukan PPDP dilaksanakan dengan berpedoman pada PKPU Nomor 13 Tahun 2017, Keptusan KPU RI Nomor 169 tahun 2020, serta Surat Dinas KPU RI Nomor 487 tahun 2020.

Sehubungan dengan penerapan protokol Covid-19, persyaratan PPDP ditambah sebagai berikut :
a. Berusia diantara 20 hingga maksimal 50 tahun;
b. Sehat jiwa dan tidak memiliki riwayat penyakit degeneratif;
c. Bersedia bekerja melakukan pencocokan dan penelitian dari rumah ke rumah di wilayah kerjanya;
d. Bersedia mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 selama bekerja.

Tahapan Pembentukan PPDP adalah sebagai berikut:
a. PPS berkoordinasi dengan rukun warga atau rukun tetangga atau kepala adat atau tokoh masyarakat atau sebutan lainnya untuk mendapatkan calon PPDP;
b. Calon PPDP melengkapi persyaratan sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 169/PP.04.2-Kpt/03/KPU/III/2020 tentang Perubahan atas Keputusan KPU Nomor 66/PP.06.4-Kpt/03/KPU/II/2020 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan, Panitia Pemungutan Suara, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih, dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota dan menyampaikannya kepada PPS;
c. PPS mengusulkan calon PPDP kepada KPU Kabupaten/Kota melalui PPK untuk ditetapkan;
d. KPU Kabupaten/Kota menetapkan PPDP berdasarkan usulan dari PPS;
e. KPU Kabupaten/Kota mengumumkan nama-nama PPDP melalui media website atau media komunikasi lainnya, serta papan pengumuman di Kantor KPU Kabupaten/Kota, Kantor Kecamatan dan Kantor Kelurahan/Desa atau sebutan lain serta tempat-tempat yang mudah dijangkau atau diakses publik.

Pembentukan PPDP dikelola oleh unit kerja yang menangani bidang Sumber Daya Manusia berkoordinasi dengan unit kerja yang menangani bidang Program dan Data.

Jumlah Petugas Pemutakhiran Data Pemilih ditentukan 1 (satu) orang untuk setiap TPS dengan pemilih sampai dengan 500 (lima ratus) pemilih.

Periode Pembentukan PPDP dimulai sejak tanggal 24 Juni 2020 sampai dengan 14 Juli 2020 dengan memperhatikan pelaksanaan Bimtek PPDP dalam kurun waktu tersebut dan mempertimbangkan kegiatan agama dan/atau adat di masing-masing daerah.

PPDP yang telah ditetapkan wajib mengikuti bimbingan teknis, menandatangani Pakta lntegritas serta menandatangani Surat Pernyataan Sehat Khusus terkait Covid-19 berdasarkan Surat Dinas KPU Nomor 441/PL.02-SD/01/KPU/VI/2020 perihal Pengaktifan Kembali Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilihan Tahun 2020.

Dalam hal Calon PPDP dinyatakan reaktif dan/atau positif Covid-19, PPS melakukan penggantian Calon PPDP setelah dilakukan pemeriksaan yang berkaitan dengan Covid-19 terhadap calon PPDP pengganti tersebut sebelum ditetapkan oleh KPU Kabupaten/Kota.

Dalam hal PPDP berhalangan tetap dan tidak dapat melaksanakan tugasnya setelah ditetapkan oleh KPU Kabupaten/Kota, PPDP dimaksud digantikan oleh PPS di wilayah kerjanya sampai akhir masa tugas PPDP.


Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya

MENUJU 9 DESEMBER 2020
Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Malang

Hari
Jam
Menit
Detik

ARSIP POSTING
[April 2020] 30 Arsip posting
[February 2020] 38 Arsip posting
[January 2020] 55 Arsip posting
[July 2020] 3 Arsip posting
[June 2020] 32 Arsip posting
[March 2020] 28 Arsip posting
[May 2020] 6 Arsip posting
MULTIMEDIA
Gunakan Masker, Cegah Penularan COVID-19
AGENDA KEGIATAN
Verifikasi Faktual Dukungan Bapaslon Perseorangan
Pencocokan & Penelitian Data Pemilih oleh PPDP
Pendaftaran Lembaga Pelaksana Survei / Jajak Pendapat & Penghitungan Cepat Hasil Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Malang tahun 2020