Pelantikan 1.170 Anggota PPS Terpilih Dilaksanakan Secara Daring

Berita Terkini Tanggal Kirim: 16 Juni 2020 | Penulis:

KPU Kabupaten Malang melaksanakan pelantikan Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Malang secara daring (dalam jaringan) pada tanggal 15 Juni 2020. Dimulai pukul 20.00 WIB. pelantikan Anggota PPS untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang tahun 2020 ini diikuti oleh Anggota PPS dari 390 desa/kelurahan se-Kabupaten Malang. Di setiap desa/kelurahan terdapat 3 orang Anggota PPS. Totalnya, anggota PPS terpilih se-Kabupaten Malang berjumlah 1.170 orang. 

Setelah KPU Kabupaten Malang menerima Surat Dinas KPU RI Nomor 441 tahun 2020 tertanggal 12 Juni 2020, segera ditindaklanjuti dengan membuat Surat Keputusan KPU Kabupaten Malang untuk mengaktifkan kembali Anggota PPK dan PPS serta Sekretariat PPK dan Sekretariat PPS. "Sebelumnya, setelah PPK dan PPS terpilih kami menunda masa kerja badan adhoc terkait situasi pandemi Covid-19 yang terjadi. Kini, tanggal 15 Juni 2020 kami aktifkan kembali masa kerja teman-teman PPK, PPS, Sekretariat PPK, dan Sekretariat PPS untuk melanjutkan kembali pelaksanaan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang. Pertama kali yang kami lakukan adalah melantik anggota terpilih  PPS se-Kabupaten Malang," ungkap Marhaendra Pramudya Mahardika Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Malang (15/6/2020). 

Terkait situasi pandemi di Kabupaten Malang, terdapat imbauan untuk tidak melaksanakan kegiatan yang melibatkan pengumpulan massa yang banyak di satu tempat. Sehingga, KPU Kabupaten Malang memilih melaksanakan pelantikan Anggota PPS Terpilih secara daring. "Kami melaksanakan pelantikan PPS se-Kecamatan Kepanjen di Aula Tumapel KPU Kabupaten Malang. Lalu kami teruskan secara streaming dan diikuti oleh semua Anggota PPS Terpilih dari 32 kecamatan lainnya. Prosesi pelantikan ini dilaksanakan dengan mengacu Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19." terang MP. Mahardika. "Di Aula Tumapel, peserta pelantikan kami atur posisinya agar tidak berdekatan. Semua peserta kami wajibkan menggunakan masker. Setiap orang yang memasuki lokasi pelantikan, diwajibkan mencuci tangan menggunakan sabun di tempat yang telah disediakan. Hal ini juga diwajibkan untuk semua peserta pelantikan di 32 kecamatan lain yang mengikuti secara daring."

Mekanisme pelantikan anggota PPS secara online ini telah diatur dalam Surat Dinas KPU RI Nomor 441 tahun 2020. Pada nomor 7 poin b berbunyi : Pelantikan Anggota PPK dan PPS dapat dilaksanakan secara daring (online) atau secara tatap muka (offline) sesuai dengan ketentuan dan protokol kesehatan yang berlaku.

"Menjadi istimewa karena pelantikan PPS secara daring ini pertama kali kami laksanakan. Di situasi pandemi ini, kami harus jeli melaksanakan kegiatan dengan mengutamakan protokol kesehatan. Sehingga harus banyak penyesuaian dan akan lebih banyak menggunakan media lain selain tatap muka," tutur Anggota KPU Kabupaten Malang ini. "Menambah istimewa, pelantikan anggota PPS di Kabupaten Malang juga didampingi kehadiran Anggota KPU Provinsi Jawa Timur bu Rochani. Kami berterima kasih atas masukan dan arahan beliau dalam pelaksanakan kegiatan tersebut." pungkas MP. Mahardika.


Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya

MENUJU 9 DESEMBER 2020
Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Malang

Hari
Jam
Menit
Detik

ARSIP POSTING
[April 2020] 30 Arsip posting
[February 2020] 38 Arsip posting
[January 2020] 55 Arsip posting
[July 2020] 3 Arsip posting
[June 2020] 32 Arsip posting
[March 2020] 28 Arsip posting
[May 2020] 6 Arsip posting
MULTIMEDIA
Gunakan Masker, Cegah Penularan COVID-19
AGENDA KEGIATAN
Verifikasi Faktual Dukungan Bapaslon Perseorangan
Pencocokan & Penelitian Data Pemilih oleh PPDP
Pendaftaran Lembaga Pelaksana Survei / Jajak Pendapat & Penghitungan Cepat Hasil Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Malang tahun 2020