Masyarakat Dapat Memberi Masukan dan Tanggapan Terkait Calon Anggota PPK

Berita Terkini Tanggal Kirim: 11 Februari 2020 | Penulis:

Seleksi wawancara calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah usai dilaksanakan tanggal 8 dan 9 Februari 2020 di Kantor KPU Kabupaten Malang Jalan Panji Nomor 119 Kepanjen. Berpedoman pada Surat Dinas KPU RI Nomor 12 Tahun 2020, KPU Kabupaten Malang akan mengumumkan hasil seleksi calon anggota PPK pada tanggal 15 hingga 21 Februari 2020. Pengumuman calon anggota PPK ini akan dipublikasikan kepada masyarakat selama 7 (tujuh) hari berturut-turut. "Sembari mengumumkan hasil seleksi nama calon anggota PPK, KPU Kabupaten Malang sekaligus membuka penerimaan tanggapan masyarakat," ungkap Marhaendra Pramudya Mahardika Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Malang (11/2/2020). "Tanggapan masyarakat dalam pembentukan PPK ini dibagi 2 tahap. Tahap pertama telah dibuka sejak 28 Januari hingga 5 Februari 2020. Tahap pertama untuk mengakomodir masukan dan tanggapan masyarakat terkait nama - nama calon anggota PPK hasil seleksi administrasi hingga hasil seleksi tertulis." lanjut MP. Mahardika menjelaskan. 

Tanggapan masyarakat tahap kedua, dibuka mulai tanggal 15 hingga 21 Februari 2020, selama 7 (tujuh) hari, bersamaan dengan pengumuman hasil seleksi wawancara. Masyarakat dapat menyampaikan pendapat, masukan, dan tanggapan terkait nama-nama yang akan menjadi calon anggota PPK terpilih. Masyarakat dapat mengirimkan tanggapan masyarakat secara langsung ke Kantor KPU Kabupaten Malang Jalan Panji Nomor 119 Penarukan Kepanjen, dengan disertai identitas pengirim dan dilengkapi bukti yang dapat dipertanggungjawabkan. KPU Kabupaten Malang menerima tanggapan masyarakat dan akan melakukan klarifikasi setelah pemeriksaan validitas dan konfirmasi kepada nama calon anggota PPK yang bersangkutan.

"Kami menerima tanggapan masyarakat demi mengakomodir masukan dari masyarakat. Bila memang berdasar bukti yang dapat dipertanggungjawabkan, kami akan menindaklanjuti tanggapan masyarakat. Bahkan nama yang telah ditetapkan dapat didiskualifikasi jika terbukti memiliki rekam jejak yang negatif, terbukti sebagai anggota partai politik atau tim kampanye, terbukti pernah diberhentikan oleh keputusan DKPP, terbukti pernah dijatuhi hukuman pidana penjara 5 tahun atau lebih, ataupun alasan lain yang dapat menjadi pertimbangan terkait profesionalitas, kapabilitas, integritas, serta kemandirian calon anggota PPK," pungkas MP. Mahardika menegaskan. *** (mpm)


Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya

MENUJU 9 DESEMBER 2020
Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Malang

Hari
Jam
Menit
Detik

ARSIP POSTING
[April 2020] 30 Arsip posting
[February 2020] 38 Arsip posting
[January 2020] 55 Arsip posting
[July 2020] 3 Arsip posting
[June 2020] 32 Arsip posting
[March 2020] 28 Arsip posting
[May 2020] 6 Arsip posting
MULTIMEDIA
Gunakan Masker, Cegah Penularan COVID-19
AGENDA KEGIATAN
Verifikasi Faktual Dukungan Bapaslon Perseorangan
Pencocokan & Penelitian Data Pemilih oleh PPDP
Pendaftaran Lembaga Pelaksana Survei / Jajak Pendapat & Penghitungan Cepat Hasil Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Malang tahun 2020