KETUA KPU JATIM : KEBERHASILAN PEMILIHAN 2020 DI JAWA TIMUR BERKAT SINERGITAS BERBAGAI STAKEHOLDER

Berita Terkini Tanggal Kirim: 24 Maret 2021 | Penulis:

Surabaya, kpujatim.go.id- Keberhasilan penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Jawa Timur berkat adanya sinergitas dari berbagai stakeholder. Ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim), Choirul Anam pada pembukaan Rapat Koordinasi Evaluasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Provinsi Jawa Timur (Selasa, 23/3).

Pasalnya menurut Anam, tanpa dukungan penganggaran dari Pemerintah Daerah setempat, berbagai kegiatan sosialisasi kepada masyarakat oleh Pemerintah setempat, pengamanan selama masa tahapan oleh pihak TNI dan kepolisian, dukungan Gugus Tugas Covid-19, pengawasan jalannya penyelenggaraan oleh Pengawas Pemilihan, kepatuhan peserta Pemilihan dan Pemilih, Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Jawa Timur tidak mungkin dapat berhasil.

"Keberhasilan Pemilihan Serentak 2020 bisa dilihat dari proses pelaksanaan pada hari H. Pertama, hampir tidak ada insiden luar biasa dalam 9 Desember kemarin yang membuat proses pemilihan terganggu. Kedua, Pemilihan Serentak 2020 di Jawa Timur tidak menimbulkan kluster baru penyebaran Covid-19. Ketiga, sedikitnya terlihat sedikitnya rekomendasi oleh Badan Pengawas Pemilihan se-Jawa Timur. Keempat, minimnya sengketa proses, hanya ada 14 dan dikabulkan 1. Kelima, Perselisihan Hasil Pemilihan cukup kecil, hanya ada 3. Keenam, bila dibandingkan dengan pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2015, rata-rata tingkat partisipasi pemilih di 19 KPU Kabupaten/ Kota ini meningkat," papar mantan Komisioner KPU Kota Surabaya ini dengan jelas (23/3).

Meski begitu, hemat Anam, penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 juga masih memiliki beberapa catatan-catatan kecil yang perlu diperhatikan untuk perbaikan kedepan.

Dengan adanya keberhasilan penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Jawa Timur ini, Anam menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak.

"Terima kasih Saya sampaikan pada seluruh jajaran baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/ kota serta seluruh pihak terkait yang telah membantu menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Jawa Timur," tutup Ketua KPU Jatim dengan penuh haru.

(AACS)


Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya


Hari
Jam
Menit
Detik

ARSIP POSTING
[April 2021] 4 Arsip posting
[February 2021] 14 Arsip posting
[January 2021] 23 Arsip posting
[March 2021] 11 Arsip posting
MULTIMEDIA
Rapat Pleno Penetapan Paslon Terpilih dalam Pemilihan Tahun 2020
AGENDA KEGIATAN