Integritas, Kompetensi dan Literasi, Komponen Dasar yang Harus Terus Dikembangkan ASN

Berita Terkini Tanggal Kirim: 18 Februari 2021 | Penulis:

Manado, kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Pengarahan dan Penyerahan SK CPNS Sekretariat Jenderal Komisi Pemilihan Umum Formasi Tahun 2019.

Kegiatan berlangsung pada Kamis (18/2/2021) pagi, diawali dengan pengarahan dari Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU RI Ilham Saputra sekaligus membuka acara. Pada Kesempatan ini Ilham berpesan kepada para CPNS untuk menjaga integritas diri dan memahami core bussines Lembaga KPU sebagai penyelenggara pemilu.

"Menjadi PNS KPU itu harus tekun dan rajin, yang kita butuhkan adalah sumber daya manusia yang mampu mengetahui proses kepemiluan. Core bussines atau pekerjaan kita adalah penyelenggara pemilu, maka semua orang di dalamnya harus paham betul dengan teknis kepemiluan." tutur Ilham di depan para CPNS dan jajaran Sekretariat KPU provinsi, KPU kab/kota.

Ilham menambahkan, memperkuat kapasitas diri penting, salah satunya dengan membaca peraturan terkait dengan penyelenggaraan pemilu atau sejarah kepemiluan. Dia juga menegaskan bahwa KPU adalah sebuah lembaga independen yang tidak bisa diintervensi oleh siapapun, maka yang bergabung di dalamnya harus bangga menjadi bagian dari lembaga ini.

Di kesempatan selanjutnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno berpesan agar para CPNS memiliki komponen dasar yang harus terus dikembangkan dalam melaksanakan tugas yaitu integritas, kompetensi, dan literasi.

"Integritas terbagi dua yaitu integritas secara pribadi dan integritas kinerja, kemudian terkait kompetensi yang harus dikembangkan, memiliki kreativitas dan mampu berinovasi, yang ketiga adalah literasi, kita harus punya minat baca dan daya baca yang harus ditingkatkan," kata Bernad.

Bernad menambahkan, tidak mudah untuk menjadi PNS KPU karena mempunyai dua kode etik, pertama sebagai PNS terikat dengan kode etik ASN dan yang kedua terikat dengan kode etik penyelenggara pemilu. Oleh karena itu PNS KPU menurut dia tidak hanya bekerja dalam pelaksanaan pemilu tetapi juga harus menunjukkan netralitasnya sebagai ASN.

Acara, diakhiri dengan penyerahan secara simbolis SK CPNS Formasi Tahun 2019 dari Plt Ketua KPU RI didampingi Sekjen KPU RI  kepada perwakilan KPU Provinsi Sumatera Utara, Jawa Timur, Sulawesi Utara dan Papua Barat. (hupmas kpu ri hilvan/foto: ook/ed diR)


Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya


Hari
Jam
Menit
Detik

ARSIP POSTING
[February 2021] 11 Arsip posting
[January 2021] 23 Arsip posting
MULTIMEDIA
Rapat Pleno Penetapan Paslon Terpilih dalam Pemilihan Tahun 2020
AGENDA KEGIATAN