Gandeng Jatim Park I, KPU Bangun RPP Wisata Demokrasi dan Pemilu

Berita Terkini Tanggal Kirim: 25 Januari 2020 | Penulis:

Batu, kpujatim.go.id- Tingkatkan pendidikan pemilih mengenai kepemiluan dan demokrasi, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menggandeng Pemerintah Daerah dan pihak swasta dalam hal ini Jatim Park I (Jatim Park Group) untuk membangun Rumah Pintar Pemilu (RPP) Wisata Demokrasi dan Pemilu. RPP Nasional Wisata Demokrasi dan Pemilu di Jatim Park I Kota Batu yang diresmikan hari ini (Jum'at, 24/1), mengkolaborasikan konsep pendidikan dan wisata demokrasi serta pemilu.

Ketua KPU RI, Arief Budiman dalam sambutannya pada peresmian/ launching RPP Nasional Wisata Demokrasi dan Pemilu ini menyampaikan program pembangunan RPP telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari proses sosialisasi dan pendidikan pemilih yang kemudian diperluas dengan menghadirkannya di ruang-ruang publik agar mudah diakses oleh masyarakat.

"RPP ini merupakan program nasional yang dmulai sejak tahun 2015, terimakasih pada Bapenas program ini masih dinilai penting. Berikutnya, KPU merasa tidak hanya penting membuat orang datang ke KPU untuk belajar kepemiluan dan demokrasi, namun penting juga KPU datang mendekatkan diri ke masyarakat agar masyarakat lebih mudah belajar kepemiluan dan demokrasi. Sehingga dengan alasan ini Kita bikin RPP di luar kantor KPU. RPP nasional pertama yang dibangun di luar kantor ada di Taman Pintar Yogyakarta, lalu yang kedua di Jatim Park I Kota Batu ini," paparnya (24/1/2020).

Arief menuturkan pula bahwa banyak informasi kepemiluan dan demokrasi yang disediakan di RPP ini, dan KPU terus mengikuti perkembangan zaman dalam pengembangannya. Tentu dalam mengembangakan RPP sebagai media untuk edukasi dan menyukseskan pemilu, KPU tidak bisa sendirian. KPU membutuhkan bantuan banyak pihak, masyarakat, pemerintah dan swasta. Seperti pada pembangunan RPP di Jatim Park I ini membutuhkan bantuan Bapenas, Pemerintah Kota, serta Jatim Park Group. "Terimakasih Wawali, Pak Punjul Santoso, pemilik Jatim Park Group, Mas Rio Sendjojo." kata Arief Budiman.

Sementara itu, Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso mengatakan penempatan RPP Nasional Wisata Demokrasi dan Pemilu di Jatim Park I ini sudah tepat. "Karena di Jatim Park I ini menyediakan wahana wisata edukasi. Kami juga mengapresiasi KPU yang telah mempercayakan pembangunana RPP di Kota Batu, sehingga menambah wahana di Kota Batu. Saya berharap masyaraka bisa memanfaatkan RPP ini sebagai wisata demokrasi, pusat pendidikan pemilih, dan sebagainya," ujarnya.

Sedangkan Pemilik Jatim Park I, Rio Sendjojo mengungkapkan akan terus berkomitmen meningkatkan pendidikan demokrasi dan kepemiluan melalui RPP ini. "Edukasi pemilu dan demokrasi ini merupakan aspek penting. Kami yakin akan semakin banyak anak muda yang akan mengenal demokrasi dan kepemiluan. Terimakasih atas kepercayaan KPU memberi kesempatan pembangunan RPP di Jatim Park I," ungkap pemilik Jatim Park I ini.

Hadir sebagai undangan dalam peresmian ini diantaranya yakni, Wakil Walikota Batu,, perwakilan Kepolisian, perwakilan 38 Anggota KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur, Forkopimda, Stakeholder terkait, OKP/ Ormas, dan lain-lain. *** (AACS)


KPU KAB. MALANG Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya

MENUJU 23 SEPTEMBER 2020
PEMILIHAN BUPATI & WAKIL BUPATI MALANG 2020

Hari
Jam
Menit
Detik

ARSIP POSTING
[February 2020] 38 Arsip posting
[January 2020] 55 Arsip posting
[March 2020] 25 Arsip posting
MULTIMEDIA
Prosedur Penyerahan Pendaftaran Calon Anggota PPK Pemilihan Tahun 2020
AGENDA KEGIATAN
Pendaftaran Lembaga Survei / Jajak Pendapat / Penghitungan Cepat Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Malang Tahun 2020
Pendaftaran Lembaga Pemantau Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang Tahun 2020