EVALUASI PEMILIHAN SERENTAK 2020, KPU JATIM UNDANG 19 KABUPATEN/ KOTA

Berita Terkini Tanggal Kirim: 23 Maret 2021 | Penulis:

Surabaya, kpujatim.go.id- Guna melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 secara komprehensif, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) mengundang 19 KPU Kabupaten/ Kota penyelenggara Pemilihan Serentak Tahun 2020. Rapat evaluasi dilaksanakan selama tiga hari kedepan (Selasa-Kamis, 23-25/3), bertempat di Hotel Wyndham, jalan Basuki Rahmat Nomor 67-73 Surabaya.

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam dalam arahannya mengungkapkan bahwa pada agenda Rapat Koordinasi Evaluasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Provinsi Jawa Timur ini, selain akan melakukan evaluasi sekaligus juga akan menyusun rekomendasi untuk Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024.

"Di dalam kesempatan ini, selain akan melakukan evaluasi secara menyeluruh, Kita sekaligus menyandingkan dengan persiapan tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak di Tahun 2024. Rekomendasi yang Kita susun ini selanjutnya akan dibawa pada Rapimnas di akhir bulan ini," ungkap pria kelahiran tanah Pasuruan ini (23/3/2021).

Ketua KPU Jatim ini menjelaskan pula bahwa evaluasi pada kesempatan kali ini berbeda dengan evaluasi-evaluasi yang telah dilakukan sebelumnya.

"Bila selama ini Kita telah melakukan evaluasi per Divisi atau berdasarkan pembagian Divisi, kali ini evaluasi akan dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan Kabupaten/ Kotanya. Sehingga pada satu kelompok akan ada berbagai Divisi untuk membahas tahapan tertentu. Misalnya, kelompok 1 yang terdiri dari KPU Kabupaten Malang, KPU Kabupaten Jember, dan KPU Kota Blitar akan membahas terkait tahapan teknis penyelenggaraan. Jadi, kelompok yang membahas terkait teknis penyelenggaraan tidak hanya Divisi Teknis Penyelenggaraan saja, tapi berbasis Kabupaten/ Kota yang ada semua Divisi," jelas Anam kepada seluruh peserta.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan pengarahan umum dari seluruh Komisioner dan Sekretaris KPU Jatim. Besoknya, dihari kedua akan ada evaluasi dan pembahasan rekomendasi Pemilu serta Pemilihan 2024. Dijadwalkan pada hari kedua juga akan dihadiri oleh Plt. Ketua KPU Republik Indonesia, Ilham Saputra untuk memberikan pengarahan. Berikutnya pada hari ketiga akan ada pemaparan hasil diskusi setiap kelompok, penarikan kesimpulan, dan pemberian penghargaan kepada Kabupaten/ Kota penyelenggara Pemilihan Serentak Tahun 2020 yang berprestasi.

(AACS)


Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya


Hari
Jam
Menit
Detik

ARSIP POSTING
[April 2021] 4 Arsip posting
[February 2021] 14 Arsip posting
[January 2021] 23 Arsip posting
[March 2021] 11 Arsip posting
MULTIMEDIA
Rapat Pleno Penetapan Paslon Terpilih dalam Pemilihan Tahun 2020
AGENDA KEGIATAN