Daftar Nominator peserta Lomba Desain Maskot dan Jingle Pilbup Malang 2015 dapat dilihat di kpud-malangkab.go.id
Ditulis oleh admin Dibuat pada 07 - Dec - 2017

Penyiapan Data Pemilih, Semangat Co Creation Era Sinergi

Ket. gambar : Direktur Jenderal Dispendukcapil saat paparan penyiapan data pemilih.

Surabaya – kpud-malangkab.go.id – Menjelang tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2018, maka pemerintah Provinsi Jawa Timur khususnya Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3) bekerja sama dengan Bawaslu dan KPU Provinsi Jatim menyelenggarakan rapat forum komunikasi pengolahan dan pemanfaatan database sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK).

Bertempat di Hotel Mercure Grand Mirama, Jl. Darmo 68-78, Tegalsari Surabaya pada (6/12), agenda ini dihadiri narasumber Pro Dr Zudan Arif Fakhrulloh, SH MH, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

“Dari Pemilu ke Pemilu selisih antara data SIAK dan DPT Pemilu semakin kecil prosentasenya. KPU berkoordinasi dengan Kemendagri telah melakukan proses sinkronisasi DP4 dengan DPT Pemilu terakhir untuk memastikan bahwa data yang diserahkan KPU pusat kepada KPU Kabupaten/Kota sebagai dasar pemutakhiran data pemilih tidak terjadi permasalahan”, papar Dirjen Dispendukcapil ini.

Seluruh administrasi kependudukan dilakukan sesuai dengan domisili dalam KTP Elektronik dan Kartu Keluarga (KK). Elemen pokok data kependudukan memuat 7  instrumen yaitu NIK, nama, tempat lahir, tanggal lahir, nama ibu, jenis kelamin dan nomor KK.

“Untuk menghasilkan data pemilih yang benar-benar berkualitas, maka dalam penyiapan data pemilih semangat co-creation harus diciptakan bersama-sama antara KPU dan Bawaslu sebagai pengguna data kependudukan dan Dispenduk sebagai penyedia data kependudukan. Sekarang adalah era sinergi, bukan lagi era kompetisi antar lembaga tersebut”, pungkas Prof Zudan.


ISI CAPTCHA